Friday, September 30, 2011

Beberapa Penyakit Ayam Berbahaya

1.       Pilek (snot/coryza):
Penyakit ini biasanya muncul di peralihan musim. Penyebarannya melalui udara dan air minum. Meskipun tidak menyebabkan kematian, kondisi ayam menjadi kurang prima dan bobotnya turun. Penyebab pilek adalah bakteri Haemophillus galinarum.
Gejala awal ditandai dengan keluarnya ingus encer dari lubang hidung dan berubah kental kuning dan berbau anyir. Mata tampak sayu dan mengantuk serta terjadi pembengkakan di sekitar pelupuk mata. Kepala sering digeleng-gelengkan, gemetar, dan berjalan sempoyongan. Pernapasan terganggu, sering bersin-bersin, dan terengah-engah seperti tercekik. Ayam yang sakit tampak pucat, lesu, dan kehilangan nafsu makan meskipun sering minum.
Pengendalian dilakukan dengan cara mengarantina ayam sakit sesegera mungkin di kandang terpisah. Kandang dibersihkan dan di semprot dengan distinfektan. Setelah itu, kandang dijemur di bawah sinar matahari. Ayam sakit segera diobati dengan menyuntikkan Sterptomycin 200mg/ekor selama 3 hari berturut-turut. Cara lain dengan memberikan obat, seperti Erithromycin, Tetrasulfa, dan Neoterrymycin. Dosis pemberian sesuai dengan petunjuknya. Untuk pencegahan, sebaiknya sejak kecil ayam disuntik dengan vaksin snot.


2.       Tetelo (new castle disease):
 Tetelo biasanya ini muncul dengan tiba-tiba dan menyerang ayam segala umur. Angka kematian yang ditimbulkannya bisa mencapai 100%. Penyakit ini mudah menular melalui peralatan kandang serta lantai kandang yang berdebu, kotor, dan lembap. Sisa pakan atau kotoran yang basah dan berbau juga menjadi pemicu munculnya penyakit ini.
Tetelo disebabkan oleh serangan Tortor furens, yang dikenal dengan virus ND. Gejala awal terlihat dari turunnya nafsu makan dan ayam terlihat lesu. Ayam lebih sering terlihat minum dibandingkan makan. Kotoran encer dan bewarna hijau keputihan. Tubuhnya gemetar, limbung,berjalan mundur dan berusaha mematuki ayam lain. Ayam sering bersin, batuk, dan mengorok pada malam hari. Selanjutnya, sayap akan terkulai dan terjadi kelumpuhan (paralysis) bahkan leher terputar (torticolis).
Sampai saat ini, tetelo tidak dapat diobati. Langkah yang harus diambil adalah menghindari kontak fisik antara ayam sakit dengan ayam sehat. Pencegahan penularan dilakukan dengan membakar bangkai ayam sakit. Untuk mencegah terulangnya penyakit ini, sebaiknya sejak kecil ayam divaksinasi dengan vaksin anti NCD.

3.       Berak darah (coccidisis):
 Penyakit ini menyerang alat pencernaan, seperti usus halus dan usus buntu. Berak darah akan berkembang biak dan merusak sel-sel epitel sehingga menyebabkan radang pada usus. Lama-kelamaan alat pencernaan akan rusak, pecah, dan mengeluarkan darah. Penularannya melalui pakan, air minum, peralatan kandang, kotoran, dan sisa pakan yang membusuk. Lantai kandang basah juga menjadi penyebab munculnya penyakit ini.
Berak darah disebabkan oleh protozoa Eimeria sp. Gejalanya antara lain ayam tampak lesu, pucat, mata sayu, tubuh lemah, dansayap menggantung. Nafsu makannya pun menurun. Selain itu, bulu terlihat berdiri dan kusam. Dubur basah dan kotor, sedangkan kotorannya encer, berlendir, bercampur dengan darah, dan berbau menyengat.
Ayam sakit segera dipisahkan dan ditempatkan di kandang terpisah. Selain itu, lalat, tikus, burung gereja, dan ayam lain yang bermain di sekitar kandang perlu dihindari. Pengobatan dilakukan dengan memberikan obat, seperti Coccidiostat, Trisulfa Drops, dan Sulfamix. Dosis obat yang di pakai tercantum pada label kemasan. Setelah sehat, sebaiknya ayam tersebut tidak dicampur dengan ayam lain terlebih dahulu.

4.       Berak kapur (pullorum):
 Penularan penyakit dapat diturunkan induk kepada anaknya sebelum menetas, sedangkan penularan dari ayam lain melalui melalui kotoran, peralatan, mesin tetas, dan kontak langsung dengan ayam sakit. Angka kematian tertinggi terjadi pada anak ayam hingga mencapai 50%. Namun, ayam dewasa pun bisa terkena serangan penyakit ini.
Berak kapur disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum. Gejala yang terlihat adalah selera makan turun, bobot terus menyusut, tubuh lesu, menggigil, lemah, dan mengantuk. Ayam sakit mengalami mencret-mencret, sedangkan kloaka dan bulu-bulu di sekitarnya basah oleh kotoran encer bewarna hijau kecokelatan.
Ayam yang sudah sakit parah sebaiknya dibakar agar tidak menular ke ayam lain, sedangkan ayam sehat segera dipindahkan ke kandang lain yang sudah disemprotkan desinfekta. Peralatan kandang sebaiknya disterilkan dan ayam sehat segera diberi obat, seperti Furozalidone, Sulfonamida, Cotyvit Powder, dan Sulfamix.

5.       CRD (chronic respiratory disease):
 Penyakit pernapasan ini sebenarnya tidak ganas, tetapi bersifat kronis atau menahun sehingga dapat belangsung hingga berbulan-bulan. Meskipun angka kematian akibat penyakit ini kecil, tetapi biasanya diikuti oleh sekunder lain. Penularan terjadi melalui kontak langsung dengan ayam sakit, pakan, air minum, atau kandang. Penyakit ini mudah mewabah saat musim hujan.
CRD disebabkan oleh virus PPLO (Pleuro Pnemonia Like Organism). Gejala yang terlihat adalah lubang hidung mengeluarkan lendir, kental dan bewarna kuning. Akibatnya, ayam menjadi sulit bernafas dan berbunyi melengking saat bernafas, bersin-bersin, dan ngorok. Selain itu, muka tampak bengkak, lesu dan kandang mencret. Selera makan pun turun dan menyebabkan bobot menyusut drastis.
Ayam sakit harus dipindahkan ke kandang terpisah. Sanitasi kandang dan lingkungan harus selalu dijaga. Selain itu, kandang harus selalu mendapat sinar matahari dan udara segar. Demikian pula tempat pakan dan minum juga harus selalu dibersihkan. Untuk menambah daya tahan tubuh, pemberian vitamin perlu ditambahkan pada minumannya. Pengobatan dengan memberikan obat, seperti Streptomycin, Chlorcyclin, Lincomycin, dan Tylosin dengan dosis yang telah tertera pada label kemasan.

19 comments:

  1. Makasih atas postingannya Pak Johan, jadi nambah deh pengetahuan tentang penyakit yang biasa diderita oleh ayam..dulu kalo ayam kampung saya pilek paling-paling saya cekokkin ama antibiotik :)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas tulisannya, semoga ilmu anda bertambah dan mendapatkan rizki yang melimpah, amin

    ReplyDelete
  3. wawasan tentang penyakit yang biasa menyerang ayam sangat diperlukan bagi pecinta serama sehingga sedini mungkin kita bisa mencegahnya, sangat membantu sekali artikelnya..

    ReplyDelete
  4. ada gak gan obat untuk ayam yang sempoyongan karena kelamaan di box, nafsu makan bagus, wajah juga biasa, secara fisik sehat, tapi kalau jalan sempoyongan.... mungkin ada tips khusus gitu, nuwun gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempoyong karena kelelahan dalam box atau karena penyakit tetelo. kalau kelelahan dalam beberapa jam akan kembali normal sedangkan karena tetelo/ND perlu pengobatan

      Delete
  5. obat untuk ayam yang beraknya putih dan duburnya kelihatan gosong apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berak putih akibat berak kapur, dubur gosong dalam arti kenapa

      Delete
  6. bos mau tanya ayam sy dikepala tumbuh seperti bisul atau seperti habis dipatok jd koreng menebal pas sy pencet ada isi putih apa itu.seperti kegatalan trus ayamnya ,bdn nya kurus
    gmn bos sembuhkannya

    ReplyDelete
  7. Ayam saya kepalanya ngangguk"terus bos trus dari mulutnya keluar lendir bos.mohon dibantu bos..

    ReplyDelete
  8. mohon solusinya,,, ayam saya kelihatan sehat, nafsu makan sperti biasanya tdak terlalu, cuman duduk terus gk bisa berdiri, posisi duduknya pun susah, , itu penyakit apa y??? kl dbiarkan 1 atau 2 hari sudah mati, sudah 3 ayam saya mati, dikasih ini dkasih itu sudah ,,,

    ReplyDelete
  9. gan ayam saya tiba2 mukanya jadi hitam gitu. kenapa ya gan....?

    ReplyDelete
  10. Mas Mau tny, ayam sy mkn Serpihan cat tembok, keesokanNya, ia malah JD suka tidur disiang Hari dlm posisi berdiri, Namun kepala tidak menunduk ataupun terjatuh. Nafsu mkn berkurang, aktivitas tetap lincah Saat KT banguni atau Saat Dia terbangun Sendiri, sering mengepakkan sayap, wajah atau mata tidak sayu, tapi Seger. Cuma kotorannya Terkadang mengandung warna keputihan lengket. Sy Udh Coba berikan coccilin Dan kapsul pencernaan, tapi yah ttp Kurang nafsu mkn.

    ReplyDelete
  11. kalau anak ayam saya seperti tercekik sampai menjulurkan panjang lehernya kenapa?

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya dong, anak ayam saya nafsu makannya seperti biasa minumnya juga, tapi kenapa sering banget tidur ya? Terus kotorannya juga kadang ada sedikit berwarna merah kadang warna merahnya juga banyak apa itu gejala berak darah juga? Terima kasih

    ReplyDelete
  13. ayamku juga mengalami hal yang sama.. telolo

    ReplyDelete
  14. Mau tanya aku punya ayam serama jantan , sekrang jalanya tidak bisa normal seperti sempoyongan, obat apa yang manjur untuk penyakit ayam ini. .

    ReplyDelete

Suhu & Kelembaban

Salah satu kendala utama seorang peternak indoors adalah suhu dan kelembaban, dimana kedua faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan d...