Monday, December 26, 2011

Kandang indukan

Selamat pagi..selamat beraktifitas kembali buat serama mania dimana saja berada.
Hari libur kemarin saya baru saja dapat sebuah SMS yang isinya menanyakan bagaimana caranya merawat anakan ayam serama yang baru saja menetas. Sebetulnya tidak terlalu susah untuk merawatnya, yang kita perlukan hanya sebuah kandang indukan ukuran PxLxT = 40x30x30cm dengan dilengkapi lampu 5 watt saja dan beralaskan pasir laut langsung.
kandang kotak terbuat rangka kayu dan dinding triplek dengan pintu diberi kawat kasa anti  nyamuk, dan diberi laci untuk alas pasir. Fungsi daripada lampu adalah untuk penerang dan penghangat kandang. Sedangkan fungsi pasir sebagai penyerap hawa panas sekaligus sebagai penyerap gas amoniak yang dikeluarkan dari kotoran ayam.
Dalam kandang seperti ini kita dapat memelihara ayam dari umur 1 (satu) minggu sampai 2 (dua) bulan dengan jumlah 10 ekor, dan ayam dapat dipindahkan kedalam kandang berikutnya. Dengan tingkat keberhasilan mencapai 95%. Silahkan anda mencoba dan mempraktekan dan semoga berhasil. Salam serama mania, salam kompak selalu.



3 comments:

Suhu & Kelembaban

Salah satu kendala utama seorang peternak indoors adalah suhu dan kelembaban, dimana kedua faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan d...